Home » , » Sedikit Mengenal sistem limfatik dan cara meningkatkan kesehatan

Sedikit Mengenal sistem limfatik dan cara meningkatkan kesehatan


Sistem limfatik merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan dianggap "drainase" sistem tubuh. Tidak mendapatkan banyak perhatian sebagai sistem kardiovaskular, namun sebenarnya sistem limfatik memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan dan memerangi penyakit.

Bagian Sistem limfatik

Sistem limfatik terdiri dari:

- Getah bening - cairan transportasi dari sistem
- Sebuah jaringan besar kapiler yang mengangkut getah bening
- Kelenjar getah bening yang terletak di berbagai bagian tubuh, terutama di bagian leher, ketiak dan selangkangan, dan fungsi mereka adalah untuk menyaring getah bening
- Amandel, timus dan limpa - ini menghasilkan sel-sel darah putih (limfosit, sel T dan sel B dari sistem kekebalan tubuh) yang penting untuk penghapusan patogen dan racun.
Jaringan luas kapiler limfatik adalah sejajar dengan pembuluh darah, yang menyerupai "pohon" dalam tubuh manusia.

Fungsi

Kami telah mendaftar aspek yang paling penting mengenai fungsi sistem limfatik:

  1. Pembuluh limfatik menghapus protein darah dan kelebihan air dari ruang di sekitar sel-sel tubuh - dengan cara ini sel dapat menerima oksigen kritis. Sebuah padat hasil sistem limfatik dalam sel kekurangan oksigen, yang kemudian dapat menyebabkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh dan penyakit.
  2. getah bening mengisi ruang antara sel-sel tubuh, mengangkut nutrisi ke sel dan juga menghilangkan bahan-bahan yang tidak diinginkan dari mereka, termasuk sel-sel mati, bakteri, logam berat, gumpalan lemak, dan produk-produk limbah lainnya.
  3. Fungsi utama dari sistem limfatik adalah untuk menghapus bahan limbah. getah bening bersirkulasi melalui sistem limfatik dalam tubuh, dan membawa bahan limbah jauh dari bagian tubuh yang berbeda.
  4. Pada tahap berikutnya kelenjar getah bening menyaring getah bening, menetralisir dan menghilangkan bakteri dan patogen lainnya, dan juga menetralkan dan menghilangkan racun lainnya. Node kemudian mengangkut bahan-bahan tersebut ke aliran darah, sehingga limfosit dapat melewati.
  5. Darah membawa racun yang tidak diinginkan ke ginjal dan hati, yang bertanggung jawab untuk proses detoksifikasi, yang akhirnya dikeluarkan dari tubuh. Beberapa getah bening diangkut langsung ke usus besar, di mana ia dikeluarkan dengan tinja.

Getah bening mengalir cukup lambat, pada tingkat sekitar tiga liter setiap hari. Berbeda dengan aliran darah dan jantung dengan fungsi pompa, sistem limfatik tidak memiliki jenis mekanisme dan menggunakan cara lain untuk menjaga getah bening yang beredar melalui tubuh, termasuk gerakan umum dari tubuh, kontraksi otot, pijat limfatik dan jenis kompresi, serta gravitasi.

Jika Anda sedang berjuang dengan penyakit, misalnya dalam kasus dingin, sistem limfatik meningkatkan aktivitas dan kelenjar getah bening sering membengkak karena bahan limbah dikumpulkan.

pengobatan holistik dipraktekkan oleh banyak ahli kesehatan alami atau alternatif termasuk reaktivasi aliran getah bening.

Anda harus memberikan perhatian khusus untuk sistem limfatik, karena yakin akan membuat Anda penting dan membantu Anda melawan bahkan penyakit yang paling agresif.

7 Cara Meningkatkan Lymphatic Sirkulasi


  • Tarik nafas dalam-dalam - banyak penelitian telah menunjukkan bahwa itu adalah salah satu cara terbaik untuk mengaktifkan sistem limfatik dan menjaga getah bening yang beredar.
  • Berolahraga - latihan tubuh secara teratur meningkatkan tingkat aliran getah bening
  • trampolin memantul
  • pijat limfatik
  • teknik drainase limfatik Osteopathic / chiropractic
  • Menyikat kulit kering - sesi menyikat cahaya yang, jika dilakukan dengan benar, setara dengan latihan tubuh 20 menit, mengenai stimulasi aliran getah bening yang sehat
  • Reflexology / akupresur - membutuhkan tekanan dan pijat yang relevan refleks poin / zona dalam rangka untuk menghidupkan kembali sistem limfatik. Jangan lupa untuk fokus pada daerah sekitar pusat atas kaki, atau daerah di belakang pergelangan tangan.